Tips Menghadapi Pekerjaan yang Menumpuk


Tips Menghadapi Pekerjaan yang Menumpuk

1. Bersikap Tenang

Hindari rasa cemas memikirkan setumpuk pekerjaan yang belum terselesaikan. Coba pisahkan masing–masing tugas Anda dalam porsi kecil agar lebih mudah diurus dan tidak terasa terlalu membebankan. Fokus saja pada satu tugas yang perlu Anda lakukan dulu. Baru kemudian lanjut ke yang lain.

2. Kurangi Sifat Perfeksionis

Hal ini sangatlah penting, karena ketika Anda dikejar waktu untuk menyelesaikan setumpuk pekerjaan dengan sempurna, cobalah buat alarm sendiri untuk jatah waktu yang Anda butuhkan di setiap tugas agar Anda tidak terlalu terpaku pada satu bagian terlalu lama. Setelah satu tugas Anda selesaikan dengan baik, stop memikirkannya karena hanya akan menambah stress. Daripada menyiksa diri karena satu titik yang menurut Anda kurang sempurna, coba fokus menyelesaikan tugas Anda sebaik mungkin.

3. Gunakan Strategi

Agar Anda mudah mengontrol sederet tugas yang terkesan menumpuk, cobalah membaginya misalnya mulai dengan pekerjaan terpenting atau tersulit. Setelah selesai, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah. Hindari juga multitasking agar Anda tidak kebingungan. Susun tugas sesuai jenisnya dan jalankan hingga selesai, setelah itu berganti tugas lain. Misalnya, ketika menulis laporan, daripada berganti-gantian browsing-menulis , browsing-menulis, lebih baik pertama-tama kumpulkan semua materi dengan fokus browsing, kemudian baru mulai menulis.

4. Berhentilah Untuk Mengeluh

Pasalnya ucapan keluhan terus-menerus hanya akan membuat Anda semakin tertekan dan pekerjaan akan lama untuk diselesaikan. Cobalah cari sedikit nilai positif yang bisa diambil, anggap saja ini sebagai sarana belajar bagi Anda

5. Ada Batas Diri

Say no pada tugas tambahan bila sekarang saja anda sudah merasa kewalahan. Setidaknya komunikasikan kesulitan anda jika akan dilimpahkan pekerjaan ekstra, siapa tahu bisa dialihkan pada rekan lain. Jika anda tidak bisa menolak secara blak-blakan, negosiasikan jumlah beban kerja atau tenggang waktu, terutama jika pekerjaan tersebut sebetulnya tidak termasuk tanggung jawab Anda.

*Ditulis pada tanggal 26 Mei 2017*


create:26 July 2017 14:19